Cara Berbicara di Depan Umum

Ditunjuk untuk berbicara di depan umum seperti dalam rapat, presentasi atau kegiatan perusahaan akan berdampak positif pada karyawan yang bersangkutan. Seperti memperoleh nilai lebih dari atasan dan dikenal oleh rekan kerja yang berasal dari divisi lain.
Akan tetapi, terkadang hanya sedikit karyawan yang memahami dampak positif tersebut. Terlebih bagi mereka yang belum memiliki jam terbang berbicara didepan umum akan menganggap itu sebuah hal yang menakutkan.
Tidak mengherankan, jika banyak karyawan yang memilih diam dalam rapat ataupun kegiatan sejenis daripada menyampaikan usulan – usulan konstruktif.
Jika anda adalah salah satu dari mereka yang takut berbicara di depan umum dan mempunyai keinginan untuk menjadi lebih baik dan keluar dari kondisi itu, tidak perlu khawatir. Berikut cara – cara berbicara di depan umum dengan baik dan mengatasi rasa takut yang muncul.

Persiapan

Sebelum berbicara di depan umum, cara yang paling efektif agar menghilangkan rasa takut, minder dan grogi adalah persiapan yang matang. Bahkan para presenter tingkat internasional juga selalu melakukan berbagai persiapan sebelum mereka berbicara di depan umum.
Nah, persiapan – persiapan apa saja yang harus Anda lakukan?

Materi Presentasi

Pastikan terlebih dahulu materi Anda sudah siap dengan baik, buatlah materi presentasi yang mudah dipahami oleh audiens, sebab sebagus apapun isi dari materi yang dibawakan tetapi jika sulit untuk dimengerti akan percuma. Jika Anda belum memahami cara membuat materi presentasi, Anda bisa belajar pada rekan kerja Anda yang telah berpengalaman atau mencari cara – caranya di internet.
Setelah materi presentasi siap, Anda juga harus sepenuhnya menguasai materi tersebut dengan cara latihan menyampaikan materi presentasi. Minimal Anda harus menyempatkan diri untuk latihan membawakan materi H – 1 sebelum presentasi.
Saat latihan, Anda harus memposisikan tubuh dan gaya seperti benar – benar sedang presentasi bukan hanya sekedar membaca materi. Salah satunya Anda bisa melakukan latihan di depan cermin agar Anda mengetahui mimik wajah dan bahasa tubuh dengan jelas. Kebanyakan orang ketika latihan sambal duduk dan hanya membaca, percayalah cara itu tidak efektif.

Skrip

Banyak para trainer dengan jam terbang padat yang membuat skrip saat akan melakukan presentasi untuk mengisi training, baik itu untuk training durasi singkat seperti 30 menit maupun durasi 1 – 2 hari.
Skrip bermanfaat sebagai paduan bagi Anda mengenai apa saja yang nantinya akan disampaikan, ditulis sedetail mungkin dikarenakan ini adalah skenario untuk presentasi Anda. Misalnya ketika menjelaskan materi presentasi bagian 1, apa yang akan Anda katakan dst.
Apakah ketika tampil haruslah sama 100% dengan skrip?
Dalam praktiknya Anda akan melakukan banyak perubahan saat berbicara di depan umum, namun Anda ssudah memiliki panduan berupa skrip yang berisi urutan presentasinya bagaimana serta apa saja yang harus disampaikan, dengan begitu tidak perlu takut jika keluar dari pembahasan.
Biasanya skrip ditulis secara detail sehingga mengetahui apa yang harus dibicarakan saat berapa di depan, Jika anda kurang menyukai menulis skrip secara detail Anda dapat membuat dalam bentuk point – point penting dengan memakai teknik mind mapping untuk naskah presentasi.

Slide Presentasi

Slide powerpoint ini adalah peralatan perang sebelum berbicara di depan umum yang harus selalu Anda persiapkan, slide membantu Anda agar mengingat materi yang akan disampaikan serta secara sarana visual membantu audiens memahami dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.
Untuk desain slide, pilih desain yang simple dan menarik tetapi tetap membuat perhatian audiens tertuju pada isi dari slide tersebut. Jika Anda masih merasa kesulitan mendesain slide untuk presentasi, Anda bisa mendapatkan banyak panduannya di internet.
Bagi yang sering melakukan presentasi gasing, dan agar menghindari presentasi yang hanya berputar – putar saja maka Anda harus menyiapkan dengan benar – benar struktur materi presentasi, naskah / skrip serta slide sebagai jurus andalan untuk menolong ketika penyampaian materi presentasi Anda mulai kehilangan arah.

Latihan

Tidak sedikit orang yang merasa bahwa sudah terbiasa presentasi dan buat apa latihan, padahal dengan latihan akan menjadikan skill / keahlian presentasi selalu meningkat. Cara efektif untuk latihan ialah berbicara di depan orang lain bisa teman sekantor atau keluarga, berlatih di depan cermin, ketika di kamar mandi atau saat berkendara.

Semakin sering melakukan latihan maka akan semakin lancar anda berbicara, dan seolah tanpa perlu berpikir semua kata – kata otomatis keluar dengan sendirinya. Anda juga bisa melakukan latihan langsung dengan slide yang telah dibuat agar hasilnya lebih optimal.
Khusus bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan Word Filter, bisa melakukan latihan dengan merekam suara Anda agar mengetahui dimana titik yang perlu diperbaiki.

Lokasi

Upayakan untuk selalu datang lebih awal di lokasi guna mempersiapkan presentasi Anda, ketika datang lebih awal Anda mempunyai waktu untuk melakukan visualisasi presentasi dan menyesuaikan tubuh. Selain itu, saat datang lebih awal di lokasi dan mengetahui kondisi sekitar bisa mengurangi rasa nervous Anda.
Selain itu Anda bisa mengecek kembali slide presentasi dan juga perlengkapan serta alat yang akan digunakan untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana, seperti LCD, Laptop, Sound dll.

Menghilangkan Rasa Takut

Yang terlebih dahulu harus Anda pahami bahwa semua ketakutan itu hanya ada di dalam pikiran Anda, rasa takut itu hanyalah bayang – bayang yang diciptakan pikiran dan seringkali apa yang ditakutkan itu tidak pernah terjadi.
Coba Anda amati ketika sedang merasa tidak percaya diri pastinya posisi tubuh sedikit membungkuk, tatapan mata cenderung kebawah dan kadang tangan juga berkeringat, tahukah Anda apa artinya itu?
Di dalam ilmu NLP (Neuro Linguistic Program) Anda akan belajar bahwasanya “the mind and body is one” yang artinya pikiran dan tubuh adalah satu, ketika merubah salah satunya maka otomatis akan mempengaruhi yang lainnya.
Perasaan grogi, takut dan minder yang ada dalam pikiran Anda harus dihilangkan, dan yang harus dilakukan untuk menghilangkannya ialah dengan merubah gerak fisik.

Lakukan Pemanasan

Pertama ambilah waktu untuk melakukan sebuah pemanasan, jangan membiarkan tubuh Anda terlalu lama dalam posisi diam yang penuh kegusaran dan kekhawatiran, mulai dengan menggerakkan tangan dan kaki, lalu ubah posisi tubuh Anda menjadi lebih tegak kemudian tersenyumlah agar lebih santai.
Biasanya ada juga yang pergi ke kamar mandi untuk loncat – loncat agar lebih semangat dan melakukan pemanasan atau sekedar untuk buang air kecil ataupun cuci muka. Karena jangan sampai ketika presentasi Anda menahan ingin buang air kecil, selain rasanya yang sangat idak nyaman juga bisa mengganggu konsentrasi.

Pernafasan Perut

Untuk menghilangkan grogi, Anda bisa mengambil nafas supaya membuat detak jantung menjadi lebih stabil. Agar lebih rileks mbil pernafasan perut (bukan dada) caranya ialah pegang perut Anda kemudian ambil nafas, jika perut mengembang ketika menarik nafas itu adalah pernafasan perut.
Dengan melakukan pernafasan perut akan membuat perasaan Anda lebih tenang karena detak jantung menjadi lebih stabil.

Ubah Fokus

Cobalah untuk mengubah fokus Anda kepada hal – hal yang postif dan menyenangkan daripada terus memikirkan ketakutan dan hal negatif yang belum terjadi saat anda berbicara di depan umum. Misalnya anda membuka galeri foto di HP yang isinya foto bersama keluarga atau mengingat hal – hal indah lainnya.

Self Talk

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketakutan, minder dan grogi ialah Self Talk atau berbicara dengan diri sendiri. Anda pasti menyadari ketika perasaan minder, grogi dan takut itu datang maka banyak sekali kalimat negatif yang melemahkan berada di kepala.
Seperti “Bagaimana jika nanti gagal, bagaimana jika saya ditertawakan, bagaimana jika ternyata audiens tidak suka” dan masih banyak hal negatif yang berkumpul dan melemahkan Anda.

Ubah Menjadi Pertanyaan Positif

Jika hal seperti diatas sudah terjadi segera lakukan self talk dan berbicaralah pada diri Anda sendiri dengan mengubah pertanyaan.
Seperti “Bagaimana jika presentasinya sangat sukses? Bagaimana caranya agar audiens menyukai presentasi saya? Bagaimana agar audiens lebih mudah memahami yang saya sampaikan?”
Pelu diingat bahwa kualitas pertanyaan Anda yang akan menentukan jawaban. Jika pertanyaan positif maka akan menghasilkan jawaban yang positif sehingga tindakan yang dilakukan pasti lebih positif.
Setelah merubah pertanyaan, Anda bisa juga memberikan sugesti positif kepada diri sendiri. Misalnya : “Saya ingin membuat bangga orang tersayang dengan memberikan yang terbaik saat presentasi ini”

Berdo’a

Jangan lupa untuk berdoa sebelum tampil berbicara di depan umum agar diberi ketenangan, dimudahkan serta diberikan kelancaran lisan.
Dengan berdoa, berarti kita telah menyerahkan semua ikhtiar yang telah kita lakukan untuk selalu mendapatkan pertolongan. Dengan sikap berpasrah diri ini maka hati akan lebih tenang serta tidak ada lagi beban ketika presentasi.

3 Cara diatas bisa membantu Anda agar lebih lancar ketika berbicara di depan umum. Dan jangan lupa untuk terus praktek dan meningkatkan jam terbang Anda berbicara di depan umum. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *