Usaha Sampingan Karyawan

Menjadi seorang karyawan dalam sebuah perusahaan memang menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika menjadi karyawan di perusahaan BUMN atau multinasional tentu menjadi sebuah “gengsi” dalam keluarga. Selain mendapatkan gaji yang pasti setiap bulan, jaminan kesehatan, dan kedudukan/jabatan tentunya juga memperoleh status sosial yang dihargai di kalangan masyarakat karena tidak lagi dianggap sebagai pengangguran.

Namun dalam kenyataannya, persaingan di dunia kerja juga tidaklah mudah. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja kontrak untuk karyawannya serta terkadang gaji yang kurang mencukupi untuk kebutuhan sehari – hari, sehingga banyak karyawan yang mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

Ada banyak usaha sambilan yang bisa dilakukan oleh karyawan tanpa mengganggu pekerjaannya di perusahaan dan tanpa modal yang besar, tetapi tentunya harus siap dengan kesibukan yang semakin bertambah di luar jam kerja kantor dan akhir pekan. Berikut beberapa ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan :

Jualan Barang/Jasa di Sosial Media

Sekarang sudah banyak penggunaan sosial media untuk memasarkan produk mereka dan banyak yang memperoleh kesuksesan. Beberapa sosial media yang sering digunakan untuk berjualan adalah Facebook, Instagram, dan Line. Selain tidak memerlukan biaya besar untuk menyewa toko, promosi melalui social media juga lebih mudah karena hanya membutuhkan foto produk dan deskripsi.
Bahkan jika belum memiliki produk sendiri untuk dijual, bisa menggunakan sistem dropship yang tidak memerlukan modal produk. Cukup pilih produk yang berkualitas, izin pada pemiliknya untuk menjadi dropshipper dan promosikan secara online melalui social media.
Cukup bermodal paket internet, handphone dan akun social media yang kamu milliki, kamu bisa langsung mencoba merintis usaha sampingan dengan menggunakan sosial media ini.

Jasa Les Privat

Jasa Les Privat ini adalah usaha sambilan yang sudah banyak dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan, dari mereka yang masih kuliah sampai yang sudah kerja kantoran bisa melakukannya. Mulai dari Les Privat bimbingan belajar, les privat bahasa dan les privat musik.
Bukan hanya sekedar menghasilkan uang, Jasa les privat ini bisa juga digunakan untuk mengasah keterampilan agar tidak melupakannya.
Sebagai contoh, Jika kamu seorang guru atau lulusan sarjana pendidikan, bisa membuka jasa bimbingan belajar untuk anak – anak disekitar tempat tinggal. Begitupun untuk yang mempunyai kemampuan dalam bahasa asing misal mahir berbahasa Inggris bisa digunakan untuk membuka kursus bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar sampai sekolah menengah.
Bagi yang menyukai seni dan mempunyai hobi bermusik bisa membuka les privat music, misal kamu pintar bermain alat musik piano atau gitar bisa membuka les privat tersebut di rumah atau jika tidak memiliki alat musik di rumah, bisa menyewa studio musik di jam les privatnya.
Biaya dari les privat yang dibebankan kepada peserta juga tergantung pada kondisi ekonomi di lingkungan kamu. Jika kondisi ekonomi masyarakatnya kurang, berikan harga kursus yang terjangkau atau setengahnya dari harga di kota besar.

Menjual pulsa elektrik

Salah satu usaha sampingan yang banyak diminati adalah menjual pulsa elektrik. Mulai dari pelajar, pegawai kantoran ataupun ibu rumah tangga banyak yang sudah memulai bisnis ini. Karena selain mudah, tidak membutuhkan modal besar juga tidak menguras waktu yang banyak. Meski terlihat biasa saja tetapi menjual pulsa merupakan salah satu ide bisnis yang menjajikan dikarenakan semakin meningkatnya pengguna telepon seluler dan kebutuhan pulsa.
Jika kamu ingin memulai berbisnis pulsa, sebagai tahap awal bisa memilih pulsa elektrik. Karena tidak berbentuk kartu yang membutuhkan tempat, pulsa elektrik juga diaktifkan melalui ponsel sehingga tidak begitu merepotkan. Untuk modal awal memulai bisnis ini juga tidak banyak dan calon konsumen bisa rekan kerja, teman terdekat, keluarga ataupun tetangga sekitar rumah.

Jasa Laundry

Saat ini banyak orang yang menginginkan serba praktis, tak terkecuali dalam mencuci dan menyetrika pakaian. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi yang ingin memulai sebuah usaha. Untuk awal merintis bisa dengan bermodalkan mesin cuci yang ada di rumah.
Agar menguntungkan, hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi. Sebaiknya memilih tempat yang strategis seperti lingkungan kos – kosan, dekat dengan kampus atau sekitar perumahan yang banyak karyawan swasta atau pegawai negeri sipil.
Selain pemilihan lokasi, harga yang bersaing juga mampu menjadi daya tarik tersendiri. Namun kualitas dan pelayanan yang baik harus diberikan kepada konsumen agar merasa puas dan menjadi pelanggan tetap bahkan merekomendasikannya kepada yang lain.

Jasa Penulis Lepas / Freelance

Ini adalah pilihan usaha jasa yang populer dalam bisnis online. Ada puluhan juta situs di internet yang pasti semuanya membutuhkan artikel/tulisan untuk mengisi website mereka agar tetap update sehingga pembaca website semakin meningkat serta mudah ditemukan oleh search engine.
Karena tidak semua pemilik website mempunyai keahlian dalam menulis sebuah artikel konten, atau bahkan bisa jadi tidak memiliki cukup waktu untuk menulis. Maka menjadi peluang yang besar bagi para penulis lepas atau freelance.
Jika kamu berminat bisa mendaftar di project.co.id untuk menjadi freelance.

Menjual Aneka Kue Rumahan / Jajanan Pasar

Dalam usaha sampingan menjual aneka kue/jajanan pasar ini setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu : pembuat kue, waktu pembuatan dan pemasaran kue.
Bagi kamu yang jam kerja padat dan tidak mempunyai waktu lebih untuk membuat kue – kue tersebut, masih bisa menjual kue yang dibuat orang lain dan sudah terbukti rasanya enak. Misalkan buatan ibu kamu, istri , saudara yang atau bekerjasama dengan orang yang mempunyai usaha kue.
Kamu bisa menjual kue – kue tersebut ke rekan kantor dan teman – teman sesame karyawan. Kue yang diminati ialah kue kering maupun kue basah.
Kue kering seperti putri salju, castengel, nastar nanas, cookies coklat, kue semprit, kue sagu dan aneka cooking lainnya. Dan Kue basah seperti bolu, brownies kukus, donat, banana cake, dadar gulung, bikang ambon, lapis legit, kue lumpur, pukis, apem dsb.
Jika ingin tau resep dari aneka kue yang diminati, kamu bisa googling dan mencari resepnya di website-website kuliner.

Menjual Makanan untuk Sarapan

Membaca peluang dengan baik bisa digunakan untuk mendapatkan ide usaha yang menjanjikan. Seperti misalnya menjual makanan untuk sarapan pagi. Karena kebanyakan karyawan kerepotan untuk memasak atau menyediakan sendiri sarapan paginya. Banyak dari karyawan yang memilih cara praktis membeli sarapan, terutama bagi anak kost atau yang tinggal di perantauan.
Namun sebagai karyawan, tantangan utama untuk menggeluti dunia bisnis harus pandai mengatur waktu. Untuk usaha jualan sarapan pagi ini, kamu harus bangun pagi sebelum subuh dan menyiapkan semuanya. Sebagai permulaan, bisa dimulai dengan membuka lapak di halaman rumah atau catering kecil – kecilan yang khusus melayani teman sekantor.
Nah untuk menu makanan yang cocok dijual sebagai sarapan pagi, seperti : nasi uduk, nasi rames, nasi kuning, bubur ayam dan gorengan.

Berjualan di Car Free Day

Pada hari Minggu pagi biasanya diadakan Car Free Day dan menjadi sebuah moment berolahraga serta berkumpul bersama teman dan keluarga. Tak jarang, banyak yang datang ke CFD untuk mengincar kuliner dan aneka barang yang lain. Sehingga banyak pedagang yang berjualan di sekitar area Car Free Day.
Berjualan di Car Free Day bisa menjadi salah satu usaha sampingan bagi karyawan, tentunya harus mengorbankan waktu akhir pekannya untuk bekerja ekstra dan mencari tambahan penghasilan. Siapa saja bisa berdagang di acara CFD ini namun jika di daerahmu membutuhkan izin, maka bisa coba ajukan. Kemudian, ikuti semua persyaratan yang diberikan agar kamu bisa berjualan dengan aman dan lancar.
Beberapa pedagang yang biasanya ada di CFD adalah kuliner, mainan anak – anak, pakaian, jasa cek tekanan darah, aksesoris dsb.

Jasa pesanan makanan DO ( Delivery Order)

Nah, konsep bisnis menjual makanan dengan sistem Delivery Order ini belum begitu diketahui banyak orang, sekarang memang sudah ada pesan makanan dengan go – food, namun mereka hanya sekedar mengantarkan barang. Kamu bisa membuka usaha sampingan pesanan makanan dengan konsep DO, tidak perlu menyewa tempat untuk restoran, cukup dikerjakan di rumah.
Makanan hanya akan dibuat jika ada yang memesan, dan kamu bisa memasak dari rumah. Untuk pemasaran usaha ini bisa menggunakan sosial media yang kamu milliki atau juga bisa promosi ke rekan kerjamu.

Menjual foto di internet

Jika kamu memiliki hobi fotografi dan mempunyai kamera DSLR sendiri, kamu bisa menggunakan foto – foto hasil huntingmu untuk menghasilkan uang. Caranya yaitu dengan menjual foto itu secara online.
Untuk tahap awal, kamu bisa mencoba 2 situs untuk penjualan foto paling populer yaitu Istockphoto.com yang memberikan komisi 15% per foto.
Yang kedua adalah ShutterStock.com dengan komisi 20 – 30%. Selain itu kamu juga bisa mencoba beberapa situs lain seperti Fotolia.com dan StockFresh.com
Jangan lupa untuk menyiapkan akun PayPal kamu karena biasanya pembayaran komisi dari situs – situs tersebut menggunakan PayPal.
Modal yang perlu disiapkan untuk bisnis sampingan ini adalah kamera digital DSLR, Hardisk, computer dan jaringan internet. Usaha sampingan ini sangat cocok bagi kamu yang hobi fotografi dan mempunyai banyak stok foto bagus yang tidak termanfaatkan.

Jasa Menjadi Web Developer

Jika kamu memiliki kemampuan mengenai hosting dan domain, serta sedikit mengenal bahasa pemrograman pada sebuah website misalnya mengetahui cara custom domain, mengerti pengetahuan dasar membuat theme dan mengetahui cara untuk memindahkan database dari satu hosting ke hosting yang lain.
Menjadi Web Developer adalah ide usaha yang memiliki peluang tinggi karena banyak sekali orang diluar sana dengan berbagai bisnisnya yang membutuhkan sebuah website namun mereka tidak bisa membuatnya sendiri.
Kamu bisa membuka jasa pembuatan website perusahaan untuk teman atau kenalan kamu, bisa juga membuatkan website sederhana untuk keperluan marketing dari bisnis rekan – rekanmu. Ide usaha sampingan ini bisa kamu lakukan disela – sela kesibukan sebagai karyawan dan tanpa mengganggu produktivitas kerja karena bisa dikerjakan diluar jam kerja kantor.

Jasa desain grafis

Jika kamu seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan desain grafis atau jago desain grafis maka dari ketampilan tersebut kamu bisa menghasilkan uang.
Sebagai contoh, kamu bisa membuka usaha jasa desain logo, kartu nama, poster, mascot, baju, interior dan booth.
Jangan khawatir jika di lingkungan tempat kerja kamu belum atau bahkan tidak ada konsumennya. Kamu bisa memanfaatkan situs pasar desainer online yang sudah ada di Indonesia, misalnya Sribu.com dan Projects.co.id
Jika bisa berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba masuk ke pasar desainer Internasional agar mampu menjangkau konsumen yang lebih luas.
Ada beberapa situs luar negeri yang biasanya digunakan oleh desainer grafis Indonesia, seperti 99designs.com, fiverr.com, Elance.com dan Upwork.com
Mengenai modal untuk usaha sampingan ini, jika kamu menggunakan pasar design online maka cukup memiliki koneksi internet saja selama kamu menggunakan perangkat atau software design yang kamu.

Menjadi Selebgram

Jika kamu pernah mendengar istilah endorse produk, maka ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan. Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak setelah facebook, jika kamu memiliki follower Instagram yang banyak misalnya lebih dari 50 ribu maka kamu bisa menawarkan jasa endorse kepada pemilik produk, brand ternama atau pemilik bisnis yang ada di Instagram.
Sudah banyak yang mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari menjalani profesi ini. Caranya yaitu Kamu mengendorse sebuah produk melalui akun instagrammu sesuai dengan permintaan dari pemilik produk, dan kamu akan mendapatkan komisi dari pemilik produk karena aktivitas tersebut.
Namun, ada baiknya kamu memilah produk yang akan kamu endorse, jangan mengendorse produk obat, suplemen atau kosmetik yang belum jelas nomor BPOM nya karena banyak produk abal – abal yang bisa membahayakan kesehatan.

Menjadi Reseller/Dropshipper

Menjadi reseller mempunyai banyak keuntungan, misalnya kamu tidak perlu memiliki stok barang yang terlalu banyak. Kamu bisa memanfaatkan dengan baik setiap waktu luang yang ada untuk memasarkan produk yang sedang kamu resellerkan, bisa dengan cara menawarkan foto atau gambar produk ke rekan – rekan kerjamu atau menguploadnya di sosial media.
Untuk rekomendasi usaha sampingan ini, kamu bisa menjadi reseller hijab atau kerudung karena saat ini sedang trend berbagai model hijab yang diminati masyarakat.
Nah untuk pengetahuan tambahan ialah bahwa sistem reseller dan dropship merupakan 2 sistem yang berbeda, terkadang masih banyak orang yang bingung membedakannya dan menganggap sama. Perbedaan utamanya yaitu jika menjadi Reseller maka harus memiliki stok barang dan jika ada pesanan maka Reseller yang mempacking dan mengirimkan ke alamat customer, sedangkan Dropshipper tidak perlu memiliki stok barang dan jika mendapatkan orderan maka hanya perlu mengirimkan detail pembelian dan melakukan pembayaran ke produsen kemudian produsen yang akan mengurus pesanan sampai pengiriman ke konsumen.
Ide usaha sampingan ini bisa kamu lakukan diluar jam kerja sebagai karyawan kontrak maupun karyawan tetap dan memiliki potensi yang besar.

Pedagang Musiman

Bagi karyawan yang mempunyai kendaraan pribadi seperti mobil bisa dimanfaatkan untuk menjadi pedagang musiman dan berjualan di Hari Minggu serta Hari Libur. Konsep bisnis pedagang musiman ini seperti berjualan di Car Free Day, kamu berjualan di pasar dadakan dengan menggunakan bagasi mobil sebagai tempat barang – barang jualanmu. Atau bisa juga berjualan di pinggir jalan raya yang strategis atau di acara – acara tertentu.
Dengan menjadi pedagang musiman ini, kamu bisa berjualan makanan, baju ataupun yang lainnya.

Menjual Motor Bekas

Kamu juga bisa mencoba memulai usaha sampingan dengan jual beli motor bekas. Selain tidak merepotkan, bisnis sampingan ini juga mempunyai penawaran dan permintaan yang besar.
Kekurangan dari usaha ini ialah banyak motor yang tidak memiliki surat kendaraan lengkap, onderdil asli sudah diganti dengan yang palsu serta hasil curian.
Untuk memulai usaha jual beli motor, kamu tidak mesti mempunyai modal besar. Bahkan jika kamu sebagai makelar maka tida perlu modal uang. Cukup dengan modal sebuah kepercayaan, Kamu bisa memperoleh sejumlah keuntungan. Misalnya, Kamu menawarkan motor bekas milik tetangga ke sejumlah rekan kerja.
Jika salah satu dari orang – orang yang kamu tawari membeli motor tersebut maka kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari harga jual motor yang sudah kamu naikkan. Belum lagi bila kamu memperoleh komisi dari pemilik motor tersebut.
Perihal harga jual, sesekali kamu bisa memantau harga motor bekas secara online di situs jual beli seperti OLX.co.id

Menjadi driver ojek online

Ojek online sedang naik daun saat ini dan bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Penyedia layanan ojek online seperti Gojek dan Grab sudah hadir di berbagai kota di Indonesia. Jika di kotamu sudah ada layanan ojek online, maka kamu bisa mendaftarkan diri menjadi driver ojek online tersebut.
Pendaftaran menjadi driver ojol juga mudah, dengan modal utama Handphone Android dan SIM. Untuk pendaftaran, kamu bisa mendatangi kantor Gojek atau Grab di kotamu dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.
Kelebihan pekerjaan sampingan ini adalah kamu bisa mengatur sendiri jam kerja dan kapan mau mengambil job driver ojek online. Kamu juga bisa menggunakan hari libur untuk menjadi sopir ojol atau sepulang kerja dari kantor.

Penutup

Kamu bisa memulai membangun bisnis dan mengawalinya ketika menjadi seorang karyawan dengan membuka usaha sampingan. Semoga beberapa ide bisnis sampingan untuk karyawan diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *